Ketika Qatar Mulai Promosi Penjualan Tiket MotoGP dan F1 untuk #QatarGP, Tetangga Malah Kembali Perang



Gw anggap ini interview dilakukan tepat sebelum perang Iran kembali berkobar di hari Senin. Yang dengan podcast terbaru pasti dengar perkara soal ini di #AragonGP dan ceritanya yang plin-plan, termasuk akun media sosial sirkuit Qatar yang malah sudah memulai promosi penjualan tiket MotoGP diskon 50% untuk pelajar/mahasiswa yang datang menonton dari seluruh dunia. Terlihat jelas Qatar kembali mencoba membangkitkan pariwisata negara itu pasca perang Iranyang berkobar sejak bulan Februari.

Sebenarnya paddock MotoGP sudah memperlihatkan keengganannya untuk nongol di sana (di podcast gw bahas alasan bahkan rider pun menolak). Meski selama sebulan terakhir kondisi cenderung aman karena Amerika memilih cara yang tidak melibatkan misil dan bom. Tetapi tepat ketika Amerika mengumumkan kembali membuka seluruh kedutaan besar mereka di Timur Tengah dan mengumumkan selat sudah sepenuhnya bersih dari ranjau laut, lha Iran kedapatan melontarkan ranjau laut pakai launcher dan kena kapal tanker di jalur Oman. Situasi berubah dalam 1 hari menjadi perang yang nampaknya akan kembali ke level bulan Maret. Meski demikian belum ada perubahan diumumkan oleh Qatar terkait MotoGP dan F1.

“Rencananya balapan akan tetap diadakan. Kami sudah siap dan bersiap untuk MotoGP, dan hal yang sama juga berlaku untuk diskusi kami dengan Formula 1. Tentu saja, ada hal-hal yang tidak dapat kita prediksi. Ini sulit. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Situasinya masih berubah-ubah, meskipun sejauh ini cukup tenang (ini jelas interview Senin). Semuanya bergantung pada apa yang terjadi dalam beberapa bulan ke depan. Bagi kami, kami tidak bisa menghentikan rencana (balapan). Kami harus siap. Kami melakukannya selangkah demi selangkah untuk melihat situasi dan mengevaluasinya. Tetapi sejauh ini, semuanya berjalan baik. Semuanya berjalan sesuai rencana. Rencananya balapan akan tetap diadakan" bunyi pernyataan pejabat bidang olahraga Qatar.

Perkara kenapa Qatar enggan membatalkan race sudah gw bahas di podcast colongan 2 minggu lalu. Ada duit gede sudah mereka taro di MotoGP dan F1 dan semua itu untuk promosi kunjungan wisatawan ke Qatar. Mereka sudah mengorbankan gelaran WEC beberapa bulan lalu, Bahrain bahkan mengalihkan balapan ke Sepang, Malaysia yang sudah beberapa tahun berhenti menggelar F1. Pirtinyiinnyi, dengan perang seperti ini, orang pada langsung batalin tiket ini mah. Qatar harus bayar seluruh biaya akomodasi dan transportasi paddock termasuk jaminan keamanan dari Amerika dan Iran demi bisa gelar balapan. Itu juga belum tentu penonton nongol.


Follow Twitter (update artikel dan curhatan) dan Youtube (podcast) #Mbak_Yu username @mbakyuaja #MarcoBezzecchi #LucaMarini #FrancoMorbidelli #PeccoBagnaia #MotoGP

Komentar

  1. Balapan dengan pemandangan tak biasa yaitu rudal jelalah terbang melewati langit qatar hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Ngegosip...?? Komen Gih... Tapi Inget Gw Tetap RAZIA... Ekekekekek...