Ketika Ban Belakang Beresiko Spinning Karena Track Kurang Grip, #BanGhoib Michelin Malah Nurunin Ban Depan Hard Baru Untuk #CatalanGP
Masalah paling besar bagi rider di track #CatalanGP Barcelona adalah kurangnya grip. Yang saking kurang gripnya, selalu ada resiko ban spinning ban belakang dengan traksi yang jelas beresiko kacau. Ini berbeda jauh dengan Balaton Park #HungarianGP yang gripnya berlimpah ruah. Tetapi alih-alih kasih solusi untuk ban belakang, Michelin justru bawa #BanGhoib ban depan kompon Hard baru yang sudah mulai diperkenalkan mulai seri #ItalianGP Mugello. Ban ini g pernah diuji rider dalam test resmi tapi dijejal dalam alokasi dan dianggap adalah solusi untuk ban depan para rider, ketika yang diperkirakan aakan bermasalah justru ban belakang.
"Grand Prix Catalan selalu menjadi tantangan tersendiri. Sirkuitnya sangat lengkap, dengan lintasan lurus yang cepat, tikungan yang lambat dan cepat, perubahan elevasi, dan bahkan kemiringan. Namun, ciri khasnya adalah gripnya: sangat rendah, dan spinning roda belakang sangat terasa. Jika ban belakang spinning terlalu banyak, suhu permukaan bannya akan naik, yang kemudian (semakin) mengurangi grip dan mempercepat keausan. Itulah yang membuat balapan ini begitu sulit untuk ditafsirkan oleh para team. Pada tahun 2024, ban kami berkinerja sempurna dan team menemukan setup yang baik. Tahun ini, kita kembali pada bulan September dan suhu diperkirakan akan lebih tinggi daripada bulan Mei, yang akan menjadi variabel tambahan yang harus dikelola. Hal ini sangat berbeda dengan Balaton Park, di mana tingkat gripnya tinggi: oleh karena itu, team harus bekerja keras pada setup motor, elektronik, dan manajemen power untuk beradaptasi dengan kondisi ini. Alokasi 2025, dengan ban depan Hard baru, tampaknya lebih sesuai dengan tuntutan sirkuit, dan kami yakin ini akan memungkinkan para pembalap menunjukkan potensi penuh mereka, meskipun manajemen grip dan ban spinning akan tetap penting sepanjang akhir pekan" kata si bakso Piero Taramasso oal alokasi ban #CatalanGP.
Jadii, alokasi standar ban depan semuanya simetris, tersedia dalam kompon Soft dan Medium untuk ban wet; kompon Soft, Medium dan Hard untuk ban slick. Ban Hard akan muncul dengan crascass khusus baru yaitu carcass luar mirip dengan ban Medium tetapi carcass dalam masih tetap carcass ban Hard. Alokasi ban belakang semuanya asimetris sisi kanan lebih keras, tersedia dalam kompon Soft dan Medium baik untuk ban wet maupu ban slick.
Ini adalah track khusus akamsi #KtpS maka ori si culas dan KW1 akan di undi di antara rider akamsi dulu baru rider tetangga ikut undian. Yang jadi pirtinyiin rookie yang non akamsi apakah tetap pakai ori atau bakal dipindahin ke senior akamsi...??

Tahun depan adalah tahun terakhir bakso taramasso di kelas motogp ipikih undiannya bakal tetap sama dgn tahun ini.
BalasHapusSepertinya papa joan,papa lucas dan raul akan bagus disini untuk mengamanin seatnya sendiri ?
Bisa jadi tetap sama... Jurdun 10...?? Itu kalau balapan dia tahun depan...
Hapus