Meskipun gw dengar selentingan kabar banyak anjing peliharaan warga di sekitar sirkuit Mandalika yang ditemukan mati keracunan beberapa hari jelang gelaran event (gw g maksud bilang diracun yak), gw tetap ucapkan selamat atas berhasilnya Sirkuit Mandalike menggelar race internasional untuk pertama kali.
Respek pada usaha keras pengelola sirkuit untuk membuat gelaran ini berjalan lancar terlepas dari masih banyaknya yang harus dibenahi dan beberapa insiden mencoreng dan meskipun "korban anjing keracunan" sangat #Mbak_Yu sayangkan.
Semoga semua jadi bahan untuk mengejar ketertinggalan karena bukan Februari akan ada homologasi sirkuit #MandalikaTest untuk #MotoGP dan race #IndonesianGP pada bulan Maret tahun depan. Gw liat sudah ada bis transport, macet sih wajar karena di Sepang orang malah antri bis dari jam 5 di KL itu juga dapat bisnya jam 7 sampai di sirkuit jam 10 untuk hari race ekekekek.
Kalau bisa evakuasi anjing untuk gelaran #MotoGP g perlu pakai cara "kasar". Kerjasama dengan dog lovers untuk bantu evakuasi sementara terutama anjing peliharaan milik warga setempat. Sekalian jalankan program steril UPTD Kesehatan Hewan, nanti dikembalikan setelah gelaran selesai. Toh di sana ada pagar kan jadi anjing masuk sirkuit itu sebenarnya aneh menurut gw.
Aspal premium Mandalika banyak dipuji oleh rider #WSBK katanya ban tetap lengket meski hujan. Yaaah memang untuk sirkuit baru ya wajar dan kualitasnya kabarnya sama dengan aspal Silverstone dan Philip Island. Untuk ban #Pirelli itu aspal "bagus", untuk #BanGhoib #Michelin itu aspal "sangat abrasif". Akan diperlukan ban khusus dengan tingkat keausan sangat rendah untuk turun track. Dan itu sepertinya akan jadi masalah bagi rider motobini kalau harus pakai ban slick. Masih ingat kasus si kinyis Pecco di Silverstone...?? Ban-nya aus luar biasa saat dipakai balapan setelah 5 lap dengan kondisi suhu rendah.
Peluang paling baik untuk neng Michel di sirkuit Mandalika adalah ketika hujan karena suhu rendah dan kalau memang benar kata si Scott bahwa aspalnya bagus grip saat hujan maka resiko ban aus lebih rendah ketika memakai ban hujan. Kalau pakai ban slick, sudah cuacanya Indonesia puanuas begini, tambah sirkuit pinggir pantai, tambah aspal abrasif. Awalnya grip akan bagus tapi setelah maksimal 10 lap itu akan aus luar biasa. Mengingat motor #MotoGP sangat berbeda dengan motor #WSBK. Belum tau apakah akan turun ban khusus di Mandalika ataukah ban biasa karena klo dengar podcast terakhir gw pasti tau perkara ban baru Michelin tahun depan.
Mbakyu jadwal bus keberangkatan mumai dari jam brp ampe berapa dan pulangnya dari jam sampe jam brp ya wsbk maren? Biar panduan buat gp nanti.
BalasHapusOia mba klo test mandalika februari nanti ada disediakan bus ga? Apa sama kek sepang buss pas race bukan saat test?
Test klo di sepang biasanya g ada bis karena tau itu bukan race. Tapi kyanya Mandalika bakal ada bis deh karena tau pasti fans ngumpul buat nonton test pertama sirkuit.
HapusMungkin malah bayar tiket juga biar g bejubel klo gratis. Karena waktu Buriram gelar test pertama kali, itu yang nonton sudah rasa race 😅😅. Tapi klo g ada bis, rental motor gih sekalian 3 hari lebih enak daripada nunggu bis.