Perubahan Regulasi Teknis Kelas MotoGP Efektif Berlaku Musim 2023


Sebenarnya ada regulasi untuk #Moto3 dan #Moto2 cuma jadinya panjang banget jadi kita bahas yang nyenggol kelas motobini aja. Ingat, tahun depan kita ada balapan sprint yak, jadi diatur dah sama DPRD to barang. Plus ada aturan buat #TalangAir. Yang g tau talang air apa tanya sama member senior.

Aturan Teknis

1. Jumlah Bahan Bakar Untuk Balapan Sprint
Kapasitas tangki bahan bakar maksimum untuk balapan sprint dikonfirmasi adalah 12 liter. Team dapat memilih untuk menggunakan tangki bahan bakar yang dibuat khusus dengan kapasitas ini atau metode alternatif untuk mengurangi kapasitas di tangki normal. Peraturan tangki bahan bakar lainnya akan sejalan dengan peraturan untuk balapan jarak penuh, misalnya, suhu lingkungan bahan bakar, metode scrutineering, dll.


2. Jarak Sendok Swingarm aka #TalangAir Dari Tanah
Menyusul insiden di GP San Marino 2022, di mana #TalangAir salah satu motor pecah setelah kontak dengan kerb, diputuskan bahwa jaraknya dengan tanah minimum yang diizinkan harus ditingkatkan 15mm, menjadi 35mm.

3. Dasar/Pembawa Cakram Rem (Untuk Semua Kelas)
Setelah berkonsultasi dengan pemasok, peraturan berikut dikonfirmasi: Konstruksi komposit pembawa cakram rem, (termasuk serat karbon yang diperkuat, serat kaca yang diperkuat, dan sejenisnya), tidak diizinkan. Satu-satunya bahan yang diizinkan adalah magnesium dan aluminium alloy

4. Tangki Bahan Bakar (Untuk Semua Kelas)
Bahan yang diizinkan untuk konstruksi tangki bahan bakar telah dikonfirmasi: Struktur utama tangki bahan bakar harus seluruhnya terbuat dari baja atau aluminium. Namun, penggunaan bahan lain termasuk serat karbon, serat aramid, serat kaca diizinkan sebagai tambahan jika diperlukan, untuk menambah kekakuan dan perlindungan tambahan atau untuk tujuan lain.

 

Aturan Berpakaian Rider

1. Baju Balap
Menyusul insiden di mana ritsleting kulit pengendara terlepas saat berada di track (tau lah siapa yang selalu diributin soal ini), sistem baru untuk pengencangan telah disepakati dengan pabrikan. Penggunaan baju balap dengan sistem tertutup ini selanjutnya diwajibkan.


2. Helm
FIM melanjutkan misinya untuk meningkatkan peralatan keamanan rider dan mengembangkan helm. Sejalan dengan kebijakan ini: Hanya helm homologasi FIM (dengan Label Homologasi FIM yang valid) yang diizinkan dengan tenggat waktu berikut:
- Hingga 31/12/2025: FRHPhe-01 & FRHPhe-02.
 - Mulai 01/01/2026: Hanya FRHPhe-02.

Daftar helm Homologasi FIM tersedia di www.frhp.org.



Pada ngerti ye kan...?? Gw udah rada modif biar yang baca ngerti loh itu. Ekekekekek.
 


#Mbak_Yu #MarcoBezzecchi #LucaMarini #FrancoMorbidelli #PeccoBagnaia #MotoGP Live post blog at mbakyujalah.blogspot.com YouTube Channel at youtube.com/c/mbakyuaja Support at paypal.me/mbakyu

Komentar

  1. Menurut mbakyu jika sprint race 2023 pabrikan mana yg bakal diuntungkan 😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Ngegosip...?? Komen Gih... Tapi Inget Gw Tetap RAZIA... Ekekekekek...