Rangkuman Reaksi Rider MotoGP di #FrenchGP (Seadanya Yang Wawancara)



Race di mana si ori gagal melaksanakan tugasnya demi mengumandangkan lagu nasional tanah airnya karena yang pake startnya buruk.



1. Suzuki yang paling apes. Mereka kompak menuding Ducati sebagai penyebab crash utama. Katanya susah banget ngintil Ducati untuk penyalip karena bikin Suzuki mereka "tersedot" dam begitu mereka keluar dari slipstream, jadinya crash. Tetapi khusus untuk Papa lucas yang crash sampai dua kali itu karena dia ke gravel dan meskipun berusaha mengendalikan motor tapi tetap crash juga. Nasib lah klo g dapat KW. Pasti bingung kenapa performa tetiba buruk jadinya "sedotan" jadi sasaran. 

2. KTM yang apes, 4 rider cuma 1 yang finish dan luckily dapet undian bagus. Pangeran KTM, Brad Binder bilang dia agak kesulitan setelah motornya oleng gegara wingletnya copot disenggol Zarco, butuh perjuangan luar biasa karena race jadi tricky. Sementara Papa Alice yang kena apes g tau kenapa dia jatuh karena dia g melakukan apapun yang berbeda dari lap sebelumnya.

3. Yamaha yang apes, 4 rider cuma 1 di top10 sisanya paling ngerumpi di barisan paling belakang. Kali ini kelemahan Yamaha sangat tersorot karena klo bukan karena banyak yang crash, akan sulit mencapai poin yang mereka bawa pulang kemarin. Bahkan #JurdunBelagu yang hari Sabtu sesumbar bilang bahwa dia sanggup bersaing di race meski start dari baris kedua karena dia cepat asal start dengan kuat, pada akhirnya salah start. Meski pakai jatah ori (publik sangat berharap dia menang soalnya) dan punya pace setara para rider di barisan depan tapi dia stuck dibarisan rider tengah sejak lap pertama karena start buruk. Sirkuit Le Mans yang stop and go bikin group rider yang stuck bersamanya sulit terurai dan jelas bikin sulit menyalip bila mereka g melakukan kesalahan di tikungan. Dia bilang dia sudah kasih 100% dan saat ini dia bukanlah favorit jurdun karena faktanya Enea Bastianini yang harus dikalahkan dengan 3 kemenangan dari 7 race dan kli bukan karena banyak yang Crash dia sebenarnya finish lebih di belakang. 

Morbidelli yang apes banget jadi sorotan karena bahkan untuk menyalip rider di bagian belakang pun sangat sulit, bilang dia kurang feel pada ban depan sehingga sulit menyalip saat menikung karena g ada kecepatan saat menikung dan terjebak dalam group. Tapi di WUP pagi dia tau motor punya kecepatan yang cukup bagus ketika memakai ban bekas. Jadi dia bilang saat ini sedang mengumpulkan kepingan teka-teki dan sedang berusaha menyatukannya. Meski sulit tapi dia yakin bisa.

#KaisarUndaUnited Dovizioso yang masih juga apes banget sangat kecewa karena motor g bisa dia kendarai dengan optimal. Dalam situasi saat ini dia g bisa mengubahnya dan dia minta maaf soal itu.

4. Honda yang kena undian karena ini sirkuit KTP khusus juga hancur lebur dari kedigdayaan hure-hure. Pol Espargaro teteup aja kena apes mengaku kehilangan akselerasi sehingga sulit menyalip. Rythim motor memang g bagus tapi OK lah. Tetapi ketika dia mencoba menyalip di area pengereman (pas nikung) jadinya melebar. Dia bilang di pramusimmereka sanggup menyelesaikan masalah Honda, dia merasa kali ini pun akan bisa menyelesaikan masalah Honda. Sementara #JurdunDrakor Marc Marquez yang kali ini masuk undian, kemarin sempat koar-koar bahwa kejuaraan masih panjang dan dia g terlalu kuatir soal Le Mans, mengaku bangun dengan kondisi pilek dan lengan sakit. Tapi karena itu adalah hari race ya dia tetap turun track. Dia g bisa mempush motornya hingga akhir. Tapi dia sadar banyak yang harus diperbaiki dan akan bekerja untuk itu meskipun dia tau semua orang di paddock sudah kehabisan ide tu motor mau diapain terutama karena dia sendiri punya paket berbeda.

5. Aprilia yang finish lumayan. Papa Kembar as usual kena jatah sangat senang dengan motornya, kompling karbon baru bikin dia lebih tenang selama race. Dia berusaha g membuat kesalahan bahkan bisa tetap tenang merubah riding style dia (pertanda tu motor keren banget bisa dipake rubah riding style?)  ketika tau ada #JurdunBelagu Snack Taro di belakang. Dia cukup yakin bisa bersaing untuk titel jurdun. Dia cuma sebel klo ditanya perpanjangan kontrak karena Rivola ketika ditanya malah bercanda. Papa Kembar bilang Aprilia menuruti dan menghormati permintaan dia soal pengembangan motor, kenapa perkara kontrak kok g mau ngasih apa yang dia minta. Dia menolak dikatakan minta gaji kegedean, dia bilang gaji yang dia minta itu di bawah standar karena dia tau diri dan sudah tua. Klo Aprilia sampe g mau ngasih (ngancem nih?) permintaan dia, maka itu akan kadi keputusan terbodoh di kejuaraan dunia ini.

Papa Nina cukup senang sama racenya, dia g bicara banyak cuma bilang sepertinya perlu merubah sedikit ergonomis motor agar dia nyaman berkendara.

5. Ducati adalah pabrikan paling hure-hure kemarin. Bestia yang setelah beberapa race kena jatah apes akhirnya dapat undian bagus. Nampaknya memang sulit untuk terus ngasih dia jatah apes karena jurdun ikan niu emang susah buat tetap dipaksakan. Toh gosipnya dia bersedia untuk tetap di Pramac karena boss Pramac memastikan g akan ada perubahan line up untuk tahun depan. Enea berasumsi bahwa dia menang karena berhasil "mengganggu" mental Pecco dan dia senang bisa melaju cepat hingga akhir race tanpa mengeluhkan ban. Dia g keberatan bahwa dia bakal jadi team mate yang g akur sama Pecco klo dipromosi ke team pabrikan.

Jackass bilang dia kehabisan ban di tengah race (dia juga pake ban soft di depan), tetapi pada akhirnya dia berhasil mengelolanya (g mau keukeuh ngejar rider di depan) agar bisa menyelesaikan race meskipun pace dia g sebagus Enea dan Pecco. Hasil ini menurutnya samgat di syukuri karena memberi lompatan bagus di klasemen.

Pecco yang crash ketiga kali saat memimpin race MotoGP bilang dia belajar dari segi kedewasaan dari crash kemarin. Di Mugello tahun lalu dia crash karena perkara lain (shock soal Dupasqier), di Silverstone soal ban dam di Le Mans adalah soal kedewasaan. Dia menolak dikatakan gugup seperti kata Enea. Dia lebih kaget karena bukan snack Taro yang nyusul dia. Dia tau dia cepat dan sebenarnya berniat untuk mempertahankan posisinya demgan taktik yang sama yang dia gunakan untuk Marc Marquez, tapi dia crash karena hal yang dia juga bingung kenapa karena dia masuk tikungan lebih lambat dari sebelumnya karena g mau terintimidasi dan buru-buru, taoi ternyata itu justru adalah kesalahan yang bikin dia crash. Taoi dia bilang lebih senang Enea yang menang daripada pabrikan lain. Sebenarnya sih itu khas KW2 klo dia yang pake pasti akhir race susah ngerem karena aus. Intinya klo dia kena KW2 tanpa gap lebar di awal race dijamin bakal kesalip di akhir race.

Calon ikan niu baru skenario gagal yang gosipnya dipastikan akan tetap di Pramac (makanya Enea sudah masuk undian lagi dapatnya KW1), katanya lengannya sakit jadi g punya feeling dan melakukan kesalahan jadi ya crash.

Rider sengak Zarco yang dapat jatah sebagai akamsi senang dengan posisinya karena setelah dipenalti 3 grid dia agak kerepotan di barisan tengah plus start yang g terlalu bagus namun pada akhirnya berhasil maju ke depan. Jadi dia merasa good feeling sudah kembali.


Overall pabrikan yang sangat keliatan penurunan levelnya adalah Yamaha selain Honda. Klo Honda levelnya udah macam Yamaha jaman 2019 ketika para ridernya ngumpul di barisan tengah, Yamaha justru lebih parah dari Honda karena hanya satu rider dominan tetapi sisanya justru ngumpul di barisan belakang. Padahal ini adalah sirkuit stop and go di mana kemungkinan besar menyalip bisa dilakukan di tikungan yang mestinya adalah keunggulan Yamaha. Teamwork yang lemah sangat keliatan karena 1 rider merasa superior g peduli sesama rider pabrikan, 1 rider merasa paling pengalaman menolak ganti riding style, 1 rider puyeng nyari riding style yang pas mesti gimana karena kepala kru baru dia juga masih meraba-raba setup yang tepat.


#Mbak_Yu #MarcoBezzecchi #LucaMarini #FrancoMorbidelli #PeccoBagnaia #MotoGP Live post blog at mbakyujalah.blogspot.com YouTube Channel at youtube.com/c/mbakyuaja Support at paypal.me/mbakyu

Komentar