Cahaya Kecil Diujung Lorong Kebangkrutan: Harga Saham KTM Naik Optimisme Dana Talangan Bisa Dipenuhi, Sedikit Harapan Pabrikan Akan Bertahan Di MotoGP Tahun Depan
Kabar baik dan angin segar berhembus dari Austria ditengah kisruh penyelamatan #CalonIkanNiuBaru Pedro Acosta yang diperkeruh dengan perceraian #JurdunMangkage Jorge Martin dengan Aprilia yang tinggal menunggu pengumuman saking pastinya. Per kemarin saham KTM didapati naik signifikan nyaris 100% dari bulan lalu yang turun banyak gegara skema tarif Amrik. Ada optimisme bahwa kepercayaan investor retail kembali kepada pabrikan motor terbesar Eropa ini dan dengan itu maka para investor besar punya sedikit rasa aman untuk menggelontorkan dana talangan untuk mencukupi 600 juta Euro yang harus wajib kudu dibayar tanggal 23 Mei 2025 malam. Klo itu gagal maka KTM resmi bubar, itulah kenapa dana talangan ini amat sangat penting.
Meski CFMoto yang awalnya diharapkan bisa berkontribusi malah kabur dan mengakhiri kerjaamanya, Bajaj Auto gosipnya memperbaiki komitmen mereka untuk memberikan dana talangan selain modal barang yang sempat jadi prank karena barang akan sulit jadi cash. Stefan Zochling (yang dengar podcast pasti tau siapa), akhirnya melunak perkara utang berjaminan saham kepada Papi Peri Pierer terutama dengan naiknya harga saham KTM hingga kemarin.
Optimisme membuat harapan bahwa DPRD Tingkat Pusat g perlu makin puyeng nyariin Acosta seat sebelum kontraknya dengan KTM berakhir tahun depan meski itu tetap ditentukan oleh apakah KTM bisa menyetorkan dana 30% utang jangka pendek 600 juta Euro itu minggu depan. Juga masih belum diketahui apakah pabrikan itu akan kembali memproduksi motor yang awal bulan ini dihentikan karena komponan habis dan baru akan dimulai kembali bulan Juli, kalaaaauuu KTM berhasil melewati rapat pemegang ssaham minggu depan. Dan apa pun strategi Dorna untuk menyelamatkan Acosta juga sangat tergantung pada rapat minggu depan.Entah itu menyerahkan kepemilikan seat kepada team lain dan pabrikan lain dengan Acosta tetap dalam paket atau bagaimana. Yang pasti Martin, seperti yang gw bahas di podcast live colongan khusus Ngintilers Premium, masuk dalam daftar "emang gw pikirin" Dorna. Yang pasti Pol espargaro dan Dani Pedrosa gosipnya kemarin mengadakan test private untuk KTM gw lupa di sirkuit mana. Ekekekek.
Semoga gw salah dengar gosip berhembus spoi-spoi beredar "pesan" di antara para boss MSMA dimana Papi Peri Rivola adalah ketuanya, untuk nyuekin Martin yang nyari seat buat tahun depan. Sudah gw bilang di podcast colongan kemarin, Martin salah cari lawan... Lawan dia adalah Papi Peri Rivola yang adalah ketua MSMA dan punya koneksi lebih baik ke LM, pemilik baru Dorna dan MotoGP termasuk WSBK. Dia berhasil bikin #BanGhoib Michelin terdepak pasca cuci tangan pakai alkohol gagal. Dia berhasil meloloskan aturan test MotoGp untukrider cedera. Perkara matiin karir Martin mah, sisa ngelapor ke LM dia. You think...??? Kuaci....



Ini martin blunder parah sih, entah maunya si martin atau entah si manajernya yg pertama kali kepikiran buat ngambil keputusan gini. Tapi yg pasti, big mistake banget banget.
BalasHapusSeperti di podcast live colongan khusus member premium, gw merasa ada Valera di balik ini. Karena dia juga yang ada di balik keputusan impulsif Martin g mau ngasih Ducati waktu tambahan untuk nego sama si culas dan Pramac.
HapusSaya liat di postingan ig Vietti dia latihan kalau ga salah pk Ducati, apa udah ga pk Yamaha lagi sejak moto2 dikeloloa Pramac atau krn ada faktor lain???
BalasHapusVR46 Academy sudah g kontrak sama Yamaha. Yang BA kan bebeb Vale tok. Jadi Cele bebas pake Aprilia atau pakai Ducati atau Honda karena senior dia di MotoGP pake motor itu. Anggaplah dia promo konten gratis buat pabrikan motor yang dia pake latihan. Kemarin di Mandalika kan pake Aprilia si Bez.
HapusPantas saja....btw thanks buat pencerahannya.
BalasHapus