Era Liberty Media Dimulai, Para Pabrikan Dan Team Bersatu "Melawan" Dorna: Meminta Perjanjian Ala F1 Diterapkan



Sorry karena gw off kemarin. Yang dengar podcast part 3 pasti tau kisruh antara gw sama admin akun perkara akun pembayaran apa begitu yang berujung kemarin pas upload podcast #CzechGP part 1 malah ada masalah dari Youtube jadilah kami bolak-balik ngurus tu email akun channel. Wkwkwkwk. Podcast yang kata admin akun udah di upload dari kemarin malam ketahan sama Youtube g keliatan jadi gw bolak-balik nyari, tadi subuh (pas gw bangun) baru beres. Sooo seri Brno part 1 buka gembok ntar malem dan itu jug gw lupa bahas Papa Lucas. 

But eniwei di Brno kemarin baru saja dibentuk asosiasi baru yang gw g tau namanya apa tetapi secara harfiah adalah gabungan dari MSMA dan IRTA yang diketuai oleh Papi Peri Lin Jarvis. Asosiasi ini fungsinya adalah melindungi kepentingan pabrikan dan team di MotoGP secara finansial sekaitan dengan perubahan kepemilikan Dorna. Meski Dorna saat ini masih dipimpin oleh Opa Ezpeleta sebagai CEO tetapi kebijakannya tetap mengacu kepada "pesanan" dari LM selaku pemilik mayoritas. Daaan Asosiasi ini diwakili oleh Papi Peri Lin Jarvis dan Papi Peri Rivola sebagai Ketua MSMA (baca: orang dalam LM) menemui Opa Ezpeleta untuk meminta penerapan perjanjian Concordia ala F1 dan kepemilikan absolut atas slot grid MotoGP. Ide ini dulu ditolak oleh Opa Ezpeleta ketika Dorna belum dijual tetapi sekarang karena sudah LM yang punya, maka akan lebih mudah meminta perjanjian ini diterapkan karena LM sudah tau sistemnya.


Jadi di F1, perjanjian ini adalah soal bagi hasil keuntungan yang diperolah oleh penyelengga dan promotor setiap balapan digelar. Tentu beda seri akan beda keuntungan sehingga akan dilakukan penghitngan tranparan mengenai keuntungan yang diperolah oleh promotor dan penyelenggara terutama terkait keuntungan dari hak siar. Seluruh team yang berpartisipasi di grid akan mendapatkan bagi hasil ini tanpa terkecuali Hal ini juga akan mempengaruhi jumlah hadiah yang diterima oleh team dan rider di setiap seri dan di klasemen akhir musim. Di MotoGP selama ini tidak ada bagi hasil, jumlah hadiah untuk rider, pabrikan dan team juga diberikan dalam jumlah yang pasti (tetap). Selain itu subsidi hanya diberikan kepada team satelit dengan nominal 2,5 juta Euro per motor artinya total 5 juta Euro per team untuk 2 motor. Dengan naik drastisnya jumlah penonton tahun ini pasca Liberty Media mengambil alih, para team dan pabrikan berpikir sudah waktunya Dorna bagi hasil keuntungan mereka. Karena di saat yang sama bagi hasil itu juga akan membantu keuangan pabrikan di MotoGP (contoh KTM) ketika mereka berprestasi aka dapat screen time lebih banyak.

Selain itu asosiasi ini juga meminta kepemilikan absolut atas slot grid MotoGP. Sehingga meski Dorna akan menerapkan kebijakan "tidak ada tambahan grid", team baru yang akan bergabung harus membeli grid langsung ke team yang punya slot TANPA MELEWATI DORNA lagi. Selama ini team yang mau beli slot grid, harus nego sama team yang punya slot (beli team bukan beli slot) karena syarat utamanya adalah harus dengan persetujuan Dorna yang punya slot dan mematok harga 20 juta Euro per slot team yang menurut asosiasi ini akan merugikan investor karena klo mereka g mau bayar 20 juta Euro ya harus beli teamnya sementara yang punya team g mau jual teamnya. Jadi nantinya investor bisa beli slot langsung ke team dengan harga yang ditentukan oleh team tanpa harus beli team, dan mungkin nanti Dorna cuma dapat fee penjualan slot begitulah. 

Hal ini juga memudahkan pabrikan untuk membeli slot team dari pabrikan lain klo mau tambah team satelit. Hal ini terutama berkaca dari kasus #CalonikanNiuBaru Pedro Acosta yang KTM sampai harus mendepak Pol Espargaro gegara Dorna g mau kasih slot grid yang jelas-jelas kosong peniggalan Suzuki kepada mereka untuk menempatkan Acosta di sana.

Lebih jelasnya ntar gw bahas di #CzechGP part 2 recording ntar malam karena kemarin malam mau recording malah sibuk sama email verifikasi ke Youtube jadinya mumet gw g konsen podcast. Ekekekekekek. Kita juga akan bahas rider 4,5 juta di part 2 yak.

Follow Twitter (update artikel dan curhatan) dan Youtube (podcast) #Mbak_Yu username @mbakyuaja #MarcoBezzecchi #LucaMarini #FrancoMorbidelli #PeccoBagnaia #MotoGP

Komentar

  1. Ipikih dorna bersedia hehe
    Seperti team tech3 yg bakal datang investor baru yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalender motogp 2026 sudah resmi dan sparonyolong tetep gelar 4 seri mungkin sebelum lengser melakukan sebisa mungkin sebelum terlambat

      Hapus
    2. Concernnya kan 2027 ketika Argentina masuk kembali maka akan ada sirkuit yang dikorbankan. Belum lagi India penggen masuk lagi 2027. Tahun depan Brazil gantikan Argentina jadi ya wajar g ada yang berubah 22 seri.

      Hapus

Posting Komentar

Ngegosip...?? Komen Gih... Tapi Inget Gw Tetap RAZIA... Ekekekekek...