Khas Para Journo, Bertanya Pada Bez Apakah Dia Diuntungkan Karena Absennya Martin Membuat Pengembangan Motor Fokus Padanya, Bez: Saya Menyayangkan Martin Tidak Ikut Serta Karena Dia Pasti Akan Langsung Menjadi Stimulus





Untuk pertama kalinya radio halo-halo dipakai secara live di track balapan. Adalah team adipati Aprilia, MarcoBez yang jadi bahan percobaan. Sebagai konsekuensi, streategi team jadi live terdengar di seantero tayangan live di sirkuit termasuk strategi ban dan setup yang akan digunakan. Untungnya, Bez lolos ke Q2 dengan sukses. Dia memang pemenang #ArgentinaGP terakhir jadi dia cukup bersenang-senang di track hari pertama #ArgentinaGP.


"Tujuan untuk mengakses Q2 secara langsung telah tercapai . Namun, di waktu lap tunggal, saya selalu kekurangan sesuatu sedikit dan kami harus menyelesaikannya. Besok, sebetulnya kami akan fokus terutama pada peningkatan di area ini. Di sisi lain, kami bekerja dengan baik dengan semua jenis ban, baik depan maupun belakang, jadi besok kami akan mencoba untuk terus seperti ini dan mengejar ketertinggalan dari para pembalap terdepan. Mengenai kondisi lintasan, hari ini lebih baik dari yang saya harapkan. Kemarin saat sayatrack walk saya merasa lintasannya kotor, saat melintas di sana, tapi pagi ini kondisinya jelas lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya" kata Bez yang mengakui harus mengelola fisiknya untuk mengubah riding style.


"Menurut saya, saya telah membuat langkah maju, pertama-tama secara fisik, karena menurut saya ada yang kurang pada diri saya dan Aprilia adalah motor yang sedikit lebih fisik dibandingkan yang biasa saya pakai. Selain itu, orang-orang di team bekerja dengan baik dan kami juga menemukan sesuatu pada motornya. Motornya kadang terlihat kasar..?? Ya, kami tidak dalam kondisi yang sempurna, kami tidak dalam kondisi sebaik motor pertama, tetapi kami telah membuat peningkatan yang baik dan saya bersenang-senang mengendarainya. Jadi mengapa tidak mengatasi masalah tersebut? (sambil ngekek). Selain itu, bagian depan Aprilia memberi saya rasa percaya diri dan ini adalah motor yang bagus bahkan dalam traksi, tetapi memang benar bahwa kami masih kurang stabilitas" katanya yang nampaknya bicara detail adalah ilmu umum di Ducati dan VR46. 

Dan khas para journo #ABR yang bertanya apakah dia merasa diuntungkan dengan absennya raja Aprilia, #JurdunMangkage Jorge Martin sehingga dia bisa bersinar karena seluruh team fokus padanya dan dia yang secara otomatis memegang pengembangan. Sebuah pertanyaan menjebak yang klo salah jawab bakal jadi bahan gorengan fans #KtpS.

"Agak sulit untuk menjawabnya karena kita tidak akan pernah tahu bagaimana jadinya jika dia ada di sini. Saya harus katakan, bagi saya, merupakan hal yang positif untuk memiliki seluruh team mengikuti saya, saya pastinya mendapat lebih banyak perhatian dari para teknisi. Sejujurnya, saya harus mengakui bahwa saya menyayangkan Jorge tidak ikut serta, karena dia akan langsung menjadi stimulus hebat. Bagaimana pun, kami sedang meningkatkan motornya dan sejauh ini kami telah melakukan pekerjaan dengan baik, saya merasa baik-baik saja, jadi kami berharap dapat terus meningkatkannya bahkan saat dia kembali" kata Bez yang nampaknya mengambil alih tanggung jawab raja Aprilia bikin dia lebih bijak yang tanpa lu sadari dia sudah mulai kurang pecicilan. Performa hari pertama yang menjanjikan performa kualifikasi dan Sprint Race dibanding #ThaiGP. Tetapi kembali lagi itu perkara undian #BanGhoib.

"Jelas saya ingin kompetitif dan saya akan mencoba membuat langkah maju dibandingkan dengan balapan pertama, tetapi tanpa menjadi tertekan. Jika saya mendapat kesempatan bertarung dengan kelompok terdepan saya akan senang, jika tidak saya akan tetap memberikan yang terbaik seperti yang sudah saya lakukan. Tidak mudah untuk memutuskan mengenai ban karena medium dan soft adalah pilihan yang bagus. Sejujurnya, saya merasa lebih baik dengan ban medium, tetapi bahkan dengan ban soft, perasaan saya sangat baik. Akan menjadi pilihan yang sulit untuk memahami setelah kualifikasi ban mana yang akan menjadi yang terbaik untuk tampil baik di setiap jenis kondisi” tutup sang adipati Aprilia.

Papi Peri Rivola sendiri sebagai ketua MSMA mengusulkan perubahan regulasi baru mengenai rider cedera yang bisa berlaku segera. Yaitu bahwa rider cedera panjang yang absen 3-4 balapan berturut-turut sebaiknya diizinkan untuk berlatih dengan motor MotoGP yang jumlah latihannya akan diputuskan berdasarkan kasusnya. Terutama karena raja Aprilia sama sekali nol pengalaman di atas RS-GP25. Menurutnya sebagian besar rider akan setuju dengan ini dan klo ini lolos di Safety Comission dan klo "para rider" (ngintilers bangkotan pasti tau maksud gw siapa) setuju maka itu akan jadi aturan baru yang berlaku sesegera mungkin. Sehingga rider mana pun yang cedera lebih dari 3 balapan bisa latihan dengan motor yang dia akan pakai balapan, entah apakah jumlah latihan bisa lebih banyak untuk kasus rider yang cedera sejak awal musim aka g ikut test pramusim (kasus Martin dan Garcia tahun ini) dan jumlah latihan lebih sedikit untuk rider yang cedera panjang ketika musim berjalan (kasus Enea 2023).

Follow Twitter (update artikel dan curhatan) dan Youtube (podcast) #Mbak_Yu username @mbakyuaja #MarcoBezzecchi #LucaMarini #FrancoMorbidelli #PeccoBagnaia #MotoGP

Komentar