Yang dengar podcast gw di seri #SepangTest pasti tau Ducati punya banyak barang baru untuk musim ini. Salah satunya adalah Front Ride Height Adjuster, gw sebutnya #AntiGarpu biar g panjang nyebutnya (udah panjang ribet pula ih). Nah di podcast gw udah bilang ni barang lumayan menarik perhatian karena garpu bagian depan itu turun sangat signifikan membuat motor Ducati seperti motor drag.
Nah seperti #SayapPatah yang dikomplain Honda karena nyenggol #JurdunDrakor, #TalangAir yang dikomplain Aprilia karena menang di Qatar dan #ManggaRujak yang dikomplain Honda karena #JurdunDrakor makan batu terus pas alat serupa dipakai Honda, #AntiGarpu ini ternyata juga menuai komplain. Adalah KTM yang menganggap inovasi Ducati "memancing" pabrikan lain untuk melakukan hal yang sama dan itu artinya duit lagi duit lagi (padahal KTM duitnya disokong Red Bull lumayan mentereng), meskipun hal itu tampaknya sederhana dan lebih bersifat tweak mekanis
"Tidak ada pabrikan yang ingin berinvestasi pada teknologi bagai jaman batu" kata Sebastian Risse, direktur teknik KTM. Papa Kembar juga mengajukan keberatan karena menurut dia hal itu mengganggu bila digunakan dalam balapan.
Faktanya si #AntiGarpu sama seperti #ManggaRujak: dioperasikan manual oleh rider. Jadi tidak akan mengganggu rider karena hanya akan digunakan bila rider menginginkan. Danny Aldridge, direktur teknis Dorna yang bertugas melakukan segel mesin dan pemeriksaan homologasi part mengaku belum menerima permintaan homologasi terkait #AntiGarpu. Karena memang secara aturan, segel mesin dan semua homologasi part disetor untuk diperiksa paling lambat di Qatar sebelum #QatarGP dimulai. Tapi kembali lagi dia menekankan bila pabrikan lain ingin mengajukan keberatan pada inovasi simple tapi sangat berguna milik Ducati, maka mereka harus mengajukan dengan dasar yang benar.
"Pertama-tama, perlu ditunjukkan apa yang diprotes mereka dan sejauh mana sistem itu tidak mematuhi peraturan. Sejauh ini Ducati belum menunjukkan apa-apa kepada saya dan tidak diwajibkan sampai GP Qatar pada bulan Maret" kata Danny Aldridge yang sempat bereaksi sangat cepat atas sistem #ManggaRujakan ketika #JurdunDrakor Marc Marquez jadi satu-satunya rider yang menuding sang mangga sangat berbahaya menyebabkan dia sulit mengerem (padahal mah lengan dia yang belum kuat)🙄.
Ini filing gw klo Ducati sering menang gegara pake tu #AntiGarpu bakal ribut g nih...??? Gw malah mikirnya body aero baru Ducati GP22 yang bakal mengundang nyinyinyi, karena itu downforce juga lumayan. Ternyata malah si #AntiGarpu yang mereka sentil. Ducati mah bilang ala Manado: "Mau...?? Bekeng kwa...!!!" 🤣🤣😂😂. Klo mau makan rujak sini ikutan berujak. 😂🤣
Kalau menurut saya ga ada uang ya mending kayak Yamaha. Jalan ditempat dengan part yang ada. KTM udah mulai mirip Honda
BalasHapusSebenarnya Yamaha dan pabrikan lain pun meniru part Ducati. Setelah tau ternyata itu bisa berpengaruh pada motor tanpa terbukti melanggar aturan FIM. Yang konsisten telat meniru itu cuma Suzuki dan KTM. Yang biasanya langsung copas setelah Ducati pakai di awal musim adalah Honda, Yamaha, dan Aprillia.
Hapus