Ditengah Karir Manu Gonzalez (Yang Diseret Papa Kembar Demi Menyindir Morbidelli Untuk Pensiun) Di Ujung Tanduk Karena Digugat Sponsor, MotoGP Resmi Memberlakukan Engine Freeze 2026 Dan Akan Perkenalkan Logo Baru





Soooo, ditengah gugatan QJMOTOR sebagai perusahaan asal China kepada team Gresini Moto2 untuk memecat Manu Gonzalez gegara memakai ikat kepala perang dunia II khas Jepang yang sangat menyinggung rakyat China (dan tentu saja pemerintah China), Komisi GP dalam rapat di #JapaneseGP Motegi sepakat untuk memberlakukan engine freeze tahun 2026. Dalam pernyataan pers Dorna, TAHUN 2026 SEMUA PABRIKAN AKAN MENGGUNAKAN SPESIFIKASI MESIN 2025. Demi tujuan menghemat anggaran pengembangan mesin 850cc tahun 2027. 

Klo gw g salah baca, maka ini juga berlaku untuk pabrikan konsesi aka pabrikan kelas D aka Honda dan Yamaha. Nah dengan kemungkinan Yamaha memperkenalkan mesin V4 mereka di pertengahan tahun 2025, yang jadi pirtinyiin adalah, tahun 2026 pabrikan ini apakah akan menggunakan mesin V4 baru atau tetap dengan mesin inline...?? Well, ada kalimat tambahan bahwa akan ada penyesuaian atas aturan ini kitinyi. Btw, dengan kepemilikan yang baru di tangan Liberty Media yang akhir tahun ini akan resmi diambil alih dari kepemilikan lama, MotoGP mengumumkan akan memperkenalkan logo baru di Valencia nanti. Kita liat aja nanti logo barunya bijimana.

Untuk yang bertanya motor apa yang akan digunakan oleh para team satelit tahun 2027 nanti ketika aturan 850cc diterapkam, seluruh team MooGP akan menggunakan motor yang sama mengingat g ada motor bekas dan itu yang bikin biaya yang dikeluarkan pabrikan membengkak. Selain itu klo mau melihat kebijakan para pabrikan tahun depan, semua team satelit akan mendapatkan motor pabrikan kecuali untuk pabrikan Ducati yang masih pakai strata dan kasta. Jadi klo pun ada team satelit yang memakai motor berbeda dari team pabrikan, maka itu adalah perbedaan spesifikasi (Spec B atau Spec C) dengan mesin pabrikan milik team pabrikan (Spec A).


Perkara Gonzalez, Alonso, dan printlan Mandalika kita bahas di podcast Suka-Suka weekend nanti yak. Gw ngopi dulu. Stress 3 hari ngerjain podcast Motegi. Wkwkwkwkwk.



Follow Twitter (update artikel dan curhatan) dan Youtube (podcast) #Mbak_Yu username @mbakyuaja #MarcoBezzecchi #LucaMarini #FrancoMorbidelli #PeccoBagnaia #MotoGP

Komentar

  1. Lah iyak penonton atau dprd tingkal pusat kok diam aja g menegur manu gonzalez, ikat kepala world war 2 masih membekas hati para rakyat china maupun korea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Somehow gw merasa Jepang lagi ada gerakan politik tertntusampai suruh pembalap yang balapan di negara mereka pakai itu barang. Dan menurut gw sorry to say, rider negara lain g seharusnya pakai bendera negara lain yang g ada hubungan sama negaranya, negara team atau negara sponsor.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kalo bau bau sensitif kayak gini emang kagak ada wanti wanti dari pihak terkait kah mbakyu..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dorna juga gw rasa g ngerti ini barang. Mungkin pemerintah Jepang sengaja menarasikan bahwa ini adalah semangat perjuangan dengan maksud politik tersembunyi. Tanpa menjelaskan bahwa itu barang yang dipakai jaman WW2 ketika jepang sebagai blok timur perang sama negara eropa asal MotoGP sebagai blok barat. Karena ini memang terlarang jadi nyaris g ada yang tau. Mirip swastika Nazi di jerman, bedanya nazi dan swastika terkenal karena yang diributin lagi bikin ribut sekaranng.

      Hapus
  4. Untung team balap mobilnya vale gk ada sponsor china. Soalnya pas balapan di fuji vale pake ikat kepala Jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep. Gw sempat liat dan mikir apa maksudnya mereka nyuruh pembalap/atlet pakai lambang bendera mereka. Keknya itu gerakan politik yang sayangnya rider senang-senang aja pakai karena toh g ada hubungan sama negara atau team mereka. Masalahnya Manu itu kan sponsornya asal China. Sama lah klo team VR46 pakai (kalau nih) lambang palu sabit entah balapan di mana. Auto dengan teamnya kena blokir dilarang membalap itu mah. Putus kontrak sekalian. Karena itu mengngatkan sama pe ka i di Indo.

      Hapus
  5. Keliatan banget liciknya org Jepang kalo gitu, nyuruh pake lambang ikat kepala yg artinya penghinaan ke China. Ini kan ditayangkan ke seluruh dunia bukan hanya 1 negara tayangnya. Tambah benci Jepang. Ga bakal dukung Ai dan rider Jepang lain dan mengingatkan nenek moyang dijadiin Geisha secara paksa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keknya emang mereka sengaja meminta atlet luar yang pakai sebagai statement untuk China dan Korut. Karena mereka memang rencana bikin blok militer ala PD2 tapi kali ini bareng Amrik (pas PD2 kan lawan Amrik)

      Hapus
  6. Mungkin Jepang punya opsesi teebaik sedunia kali. Wkwkwk. Halu aja. Dulu ngebom Amerika, sok-sokan banget. Dibalaslah sama Amerika dibom tuh Hirosima dan Ngasaki. Sekarang juga mau ngalahin motor eropa seperti Ducati, ga bisa lah motornya ga becus.

    Gw anti banget sama Jepang ga punya barang buatan Jepang satupun, termasuk Tv, motor mobil bukan produk Jepang. Begitupun sama rider Jepang anti banget. Pokoknya alasannya sama seperri alasan China ga suka ma Jepang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw sih g anti karena emang mereka juga sudah kena santan instan bom Hiroshima. Impas klo buat gw mah. Cuma caranya ke para atlet luar itu kok ya agak licik. Manu jadi korban.

      Hapus

Posting Komentar

Ngegosip...?? Komen Gih... Tapi Inget Gw Tetap RAZIA... Ekekekekek...