Ditengah Isu Pemerintah Provinsi NTB Enggan Ambil Porsi Bayar Royalti Host MotoGP Indonesia: Yang G Tau Sultan AB Pasti Fans Baru, Akankah Kita Melihat Sang Sultan Lagi Ketika MotoGP Kembali Ke Ceko Mulai tahun Depan...??/




Seri Brno dihapus dari kalender MotoGP mulai tahun 2020 ketika dunia dilanda nengnongna dan kondisi keuangan negara-negara dunia memburuk. Sirkuit Brno kesulitan membayar royalti host sehingga harus absen dan silih berganti digantikan oleh sirkuit-sirkuit baru termasuk #IndonesianGP Mandalika. Di tengah isu bahwa pemerintah provinsi NTB enggan menalangi dana royalti host (sudah bagi porsi dengan pemerintah pusat) dengan beberapa pihak yang katanya guru besar ekonomi mengklaim bahwa keuntunga perputaran ekonomi MotoGP tidak berpengaruh besar kepada provinsi NTB, Lombok dan Mandalika, serta #IndianGP yang terkonfrmasi tahun ini batal entah apakah tahun depan bisa digelar karena itu juga perkara uang royalti host.

 Adalah sirkuit Brno di Ceko yang kembali ke kalender #MotoGP mulai tahun 2025. Ketika pemerintah dan "guru besar" NTB berpikir MotoGP g ngaruh sama pariwisata dan ekonomi provinsi NTB, pemerintah pusat Ceko memutuskan turun tangan mengembalikan Brno sebagai penyelenggara MotoGP untuk memacu perputaran ekonomi terutama pariwisata. Meski homologasi akan kembali dilakukan dari awal mengingat sirkuit ini absen lebih dari 4 tahun.

"Bersepeda motor di sirkuit Masaryk di Brno adalah bagian dari tradisi yang dimulai pada tahun 1950-an. MotoGP mewakili ajang bergengsi dan berkelas dunia yang akan mendatangkan puluhan ribu pengunjung ke Tanah Air, khususnya di Moravia bagian selatan, banyak di antaranya dari luar negeri. Bisa melanjutkan tradisi ini membuat saya sangat bahagia. Setelah jeda beberapa tahun, MotoGP akan kembali menggelar balapan di Brno" kata Perdana Menteri Republik Ceko, Petr Fiala.

"Saya selalu yakin dengan kembalinya MotoGP ke Brno. Para pembalap, perwakilan team, Dorna, dan FIM sering menanyakan kabar terbaru kepada saya dalam beberapa tahun terakhir tentang apa yang sedang terjad dan kapan kami akan kembali. Alasannya? Semua orang menyukai Brno!” kata Jan Stovicek, presiden Autoklub Republik Ceko.Yang menarik buat gw adalah apakah kita masih akan melihat sultan AB nongol di sirkuit Brno...?? Hanya fans bangkotan di atas 5 tahun yang tau sultan satu ini. Ekekekekek.

"Mengumumkan kembalinya kami ke Brno membuat kami bahagia. Brno adalah bagian dari tradisi kami dan merupakan track yang fantastis dengan beberapa episode yang mengesankan. Ini jadi sejarah panjang kami. Kami sangat bersemangat untuk kembali, dan bahkan lebih dari sebelumnya, dengan akhir pekan yang diperkaya oleh Tissot Sprint, yang akan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang hadir untuk lebih menikmati pengalaman dan melihat pahlawan mereka dari dekat. Saya teringat bukit-bukit di sekitar lintasan yang dipenuhi penonton, yang menyampaikan begitu banyak semangat. Grand Prix ini telah menjadi yang tersibuk tahun ini dalam beberapa kesempatan. Kami sangat senang membawa kembali MotoGP ke Republik Ceko" kata opa Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports.

Dorna nampaknya enggan bersibuk ria sama sirkuit yang setengah-setengah meyelenggarakan MotoGP. Begitu ada yaang batal, mereka akan segera mengisi slot dengan sirkuit lain yang siap gelar. Bila jumlah seri tetap maksimal 22 tahun depan mka akan ada seri yang terhapus dari MotoGP. Jelas bukan Aragon yang baru tahun ini kembali lagi masuk kalender setelah tahun lalu dihapus. Entah India yang akan terhapus atau justru Indonesia...?? Buat yang kemarin tanya berapa porsi promosi  Petamina dan promosi Kementrian pariwisata di motor MotoGP...?? Udah gw bilang klo mau rame di NTB ya janga aji mumpung. Karena dibaning Thailand dan Malaysia, sulit bagi Indnesia mendapat tambahan penonton dari negeri tetangga. Di mana Thailand dapat tambahan penoonton dari China, Laos, Vietnam, Myanmar. Malaysia dapat tambahan penoonton dari Filipina dan Singapura. Klo Indonesia hanya mengandalkan penonton lokal, maka harga juga harus sesuai penonton lokal.  Warga +62 paling males sama aji mumpung tapi suka aji mumpung. Wkwkwkwkwkwk.



Follow Twitter (update artikel dan curhatan) dan Youtube (podcast) #Mbak_Yu username @mbakyuaja #MarcoBezzecchi #LucaMarini #FrancoMorbidelli #PeccoBagnaia #MotoGP

Komentar

  1. Sultan karel abraham, apa mungkin win win solution dgn dorna agar sultan bisa wilcard maybe dgn ducati pabrikan di brno ekekekekekekek tapi menurut ane sultan ini cocok jadi test rider ducati Soalnya paling kenal lama desmo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw ngarep dia nongolin muka old money rich dia itu aja udah cukup.. .Wkwkwkwkwk...

      Hapus
  2. Karel mh udah bapak-bapak sekarang udah ga pengen main motor-motoran kali ya... Hehehe.. Btw istrinya UG MotoGP. Kayaknya UG MotoGP ini ajang cari lakik tajir deh... Dan lakik tajir juga maunya cewek super cantik, super sexy.. Klop deh. Wkwkwkw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya udah jadi bisnismen dia sekarang... Ekekekekek...

      Hapus
  3. Mana mungkin juga MotoGP ga berdampak sama NTB. Guru besar ngarang itu ya mbak... Wkwkwkw... Dampak banget lah dari taxi bandara, lotor sewaaan, hotel, restoran warga lokal semua aji mumpung... Apanya ga berdampak, nah pemerintahnya pasti dapat dana lebih, ada uang masuk... Wkwkwkw. Makanya gw ga bakal mau nonton ke Mandalika aji mumpung..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya dampaknya buat ekonomi NTB lebh banyak ruginya daripada untungnya adi dia blang mending pemprov NTB g usah ikut menalangi royalti host katanya biar aja Pusat yang tanggung semua.

      Hapus
    2. itu namanya mau enaknya aja ga sih mbak? Samaan kayak si cemen jadinya.. culas, licik. Wkkwwk. Kalo gitu ilangin aja MotoGP di Indonesia kalo pihak NTB ga lau bayar patungan..

      Emangnya org Indoensia bodoh apa, ga bisa bedakan mana yg menguntungkan mana enngak. Lah wong hotel harga ga masuk akal, ga ada MotoGP tuh hotel sepi, bule yg wisata saat bukan acara GP juga bule kere pasti bayar penginapan 100 ribu semalam sedengkan saat MotoGP penginapan jadi 1 juta yg harga asli 100 ribu.. Berarti dengan adanya MotoGP menguntungkan itu namanya. Wkwk.

      Hapus
    3. Nah itu pikiran gw bijimana mau terbantu ekonominya lha aji mumpung naikin harga, klo cuma ngandelin penonton lokal, warga +62 jugatau harga lokal dan tau harga aji mumpung. Ujungnya kan orang males nonton ke Lombok. Yang rugi ya orang NTB juga. Lalu nyalahin pemerintah pusat padahal ulah masyarakatnya mereka sendiri yang bikin penonton males datang. Klo miskin jangan datang jatanya. Lha beneran g datang irang mah karena mending ke Buriram atau Sepang yang murahan tapi sekalian liburan.

      Hapus
  4. Berita sekarang ada-ada aja masa iya merugikan ekonomi NTB ga masuk akal. Ada lagi berita Erina Gudono bau ketek. Aduk kalo seandainya beneran, seharusnya dia jangan makan yg bikin badan bau, trus mandi pake reksona. Atau kalo emang dari badannya yg bau bukan dari makanan, ya ke dr lah. Kan org kaya masa ketemu banyak org bau ketek. Gw anti banget sama org bau ketek dan bau mulut soalnya gw bersih pecinta kebersihan. Tapi kalo beritanya bohong kasian banget masa fitnahnya memalukan yg ga terjadi ma dia. Kasian sih difitnah. Jahat banget yg fitnah.

    BalasHapus
  5. Mba, kalo belum juga bayar ke MotoGP, apa ada kemungkinan Mandalika batal tahun ini? Pasti batal kah gitu mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mestinya sudah dibayar sih karena ini sudah kueang sebulan. Kemugkinan ditalangi pusat melalu ITDC baru dibayarkan oleh pemprov belakangan. Makanya biasanya beberapa bulan baru ketahuan berapa untung atau rugi.

      Hapus
  6. Adanya circuit Mandalika ini kan katanya berkat pak Mulyono.Ga habis pikir pak Mulyono rekrut anaknya jadi pemimpin, semua anaknya dan mantunya. Makanya pak Mulyono ga dicintain rakyat. Orang demo nentang UU pemilu eh menantu pak Mulyono pamer naik jet pribadi dan pamer 400 ribu harga roti seakan akan nantangin rakyat yg udah babak belur dipukul petugas saat demo. Kesannya ga punya empati mana bau ketek lagi, itu kata netizen sih manantu pak Mulyono bau ketek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo gw sih selama anaknya juga bagus memimpin kenapa g. Karena buah itu jatuh g jauh dari pohonnya. Klo pohonnya bagus, buahnya paling g ada satu yang bagus. Anaknya yang gw pilih sejauh ini bagus dan cukup dengerin pendapat baik dan lumayan guyon klo dihina. Istrinya juga sama sederhana kek suaminya menurut gw istrinya memang dididik dengan baik oleh keluarganya. Klo anak bungsu mah, dari kemarin kasus ghosting anak orang aja gw udah g respek. Ekekekekek. Nemu pula istri hedon ambisius.

      Hapus
    2. Kalo menantu pak Mulyono yg katanya bau ketek itu OKB norak mbak, persis Fabio. Wkwkwkkw. Masih ga percaya masa bau ketek.. Sadis banget sosmed ini.. Kalo orang hedon pasti wangi lah pake parfum mahal, perawatan spa badan yg mahal, wangi tuh jadinya.

      Kalo menantu pak Mulyono dari anak pertama ga norak walau udah jadi orang kaya, anggun lagi tuh cewek, ga banyak omong, ga banyak pamer. Walau berasal dari keluarga biasa aja tapi begitu jadi kaya raya ga norak pamer ini itu.

      Hapus

Posting Komentar

Ngegosip...?? Komen Gih... Tapi Inget Gw Tetap RAZIA... Ekekekekek...