Welcome to India Politics: Sirkuit Buddh India Harus Segera Bayar Royalti Mereka Atau Dalam Waktu Dua Minggu Dihapus Dari Kalender MotoGP Untuk Seterusnya




Yang dengar podcast #FrenchGP part 1 keknya sudah tau ini kabar dan inilah perkembangannya. Kaembanah lian pasti tau negara prindavan ini beda tipis sama Indonesia di mana semua event internasional yang butuh dana negara akan diputuskan oleh para pemimmpin negeri. Stelah Indonesia melalui semua kekisr Pushkar Nath Srivastava, CEO dari promotor India,uhan politik di hari BValentino eh Valentine awal tahun ini, giliran India sedang kisruh dengan kampanye dan tentu saja semua dana yang harus digelontorkani ini.

"Race sudah direncanakan. Segala sesuatu yang beredar hanyalah rumor. Semua kewajiban kontrak akan diperbarui pada bulan Juni" kata Pushkar Nath Srivastava, CEO dari promotor sirkui Buddh India membantah rumor tetapi mengakui bahwa nampaknya mereka baru bisa melakukan langkah apa pun itu paling cepat bulan Juni ketika kontrak jatuh tempo tetapi di saat yang sama mereka juga harus menunggu hasil pemilu India untuk memastikan situasi politik pasca pemilu cukup kondusif untuk menggelontorkan anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan race. Entah kenapa perkataan ini mengingatkan gw  sama perkataan boss CryptoData jelang pembubaran team Aprilia RNF tahun lalu. Sayangnya DPRD Tingkat Pusat belajar dari keributan mereka dengan RNF, deadline ditetapkan peling lambat 2 minggu ke depan setelah #ItalianGP Mugello. 


Tetapi gosip berhembus spoi-spoi justru royalti yang belum dibayar oleh Sirkuit Buddh bukanlah royalti tahunini, tetapi adalah royalti #IndianGP tahun lalu termasuk pembayaran beberapa vendor yang artinya hampir setahun belum dibayar dan dilaporkan ke Dorna. Sudah gw bilang di podcast #FrenchGP, gelaran perdana iu sangat kecil kemngkinan bisa break even apalagi profit. Tetapi kalau sampai royalti dan vendr tertunda sampai setahun, well misil ini berarti sedikit berbeda dengan perkara pembayaran tanah sirkuit Mandalika #IndonesianGP yang juga hingga tahun lalu (bahkn tahun ini?) belum mennemui titik temu. Dorna menulak menunggu.



"India adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Dalam beberapa hari ini akan diputuskan. Kita tidak bisa lama-lama; paling lama minggu depan atau minggu berikutnya," kata Ezpeleta ketika dikonfirmasi mengenai hal ini. Nampaknya memang Dorna iingin egera ada kepastian karena berencana untuk memutuskan #KazakhstanGP yang diputuskan ditunda ke akhr musim karena musibah banjir direncanakan akan mengisi slot yang ditinggalkan #IndianGP bulan September untuk seterusnya aka Sirkuit Buddh akan dihappus dari kalender untuk seterusnya karena pembayarantertunda setahun jelas bukan hal yang bagus, belum lagi keribetan bea cukai India yang sekarang dicontoh oleh Bea Cuaki Indonesia karena ribetnya bikin pusing karena nyari apa aja yang bisa dipajaki (katanya biar bisa nego untuk diturunin atau sekalian g dibayar biar bisa masuk gdang dan dilupakan, katanyaaaaa). Sooo let's see apakah negara prindavan bisa menggelar race atau g.


Follow Twitter (update artikel dan curhatan) dan Youtube (podcast) #Mbak_Yu username @mbakyuaja #MarcoBezzecchi #LucaMarini #FrancoMorbidelli #PeccoBagnaia #MotoGP

Komentar