Papi Peri Gigi Dall'Igna Soal Bursa Rider Ducati Dan Rahasia Sukses Para Satelit Tahun Ini: Kami Mengambil Pendekatan Berbeda Dari Tahun 2022

 


Masih ingat ketika awal musim 2022 di #QatarGP si #JurdunKonspirasiGagal Pecco Bagnaia menggerutu karena disuruh menguji banyak part dan setup di tengah akhir pekan balapan yang menurutnya semestinya itu sudah diselesaikan di winter test...?? Nampaknya Papi Peri Gigi belajar banyak dari pengalaman itu dan tahun ini benar-benar pengubah cara pengmbangan motor sehingga di antara motor pabrikan Neng Desmo GP23 dengan motor satelit Neng Desmo GP22 yang meskipun menurut Pecco jauh lebih baik dari sebelumnya ternyata g mengalami peruahan ekstrim. Hal yang memnag sudah terlihatdi winter test ketika aerodinamis dan part sudah g ada yang aneh-aneh bikin ribut para journo.

"Kami mengubah filosofi kami. Kami menyadari bahwa kami telah membuat beberapa kesalahan selama pengujian winter test, kami ingin mengubah terlalu banyak pada motor. Tahun lalu, performa motornya bagus di akhir musim dan kami hanya mengubah beberapa hal pada mesin, aerodinamika, dan sasis. Kami memiliki margin untuk meningkatkan aerodinamika dan kami memiliki beberapa ide. Tapi saya hingga tahun 2026, Anda tidak akan melihat sesuatu yang sama sekali berbeda. Mungkin pada tahun 2027, ketika aturan akan berubah (Dorna berencana menghentikan pengembangan demi memperlambat motor) dan kami akan melakukan beberapa langkah" kata papi peri Gigi 

Dia lalu membahas perkara Sprint Race yang memang sejak seri Le Mans menjadi pembahasan bahkan oleh ketua IRTA, Herve Poncharal. Juga perkara team satelit mereka yang nampaknya VR46 agak enggan pindah ke lain hati aka pabrikan lain karena sangat menyukai "service" Ducati. Menurutnya hal itu sangat membantu karena mereka juga ingin membangun motor yang "ramah" untuk gaya balapan sekian banyak rider yang berbeda. Dia tidak setuju dengan ide bahwa motor team satelit harus ada di bawah level para pabrikan.

"Balapan sprint memaksa kami untuk mengubah banyak pendekatan teknis selama akhir pekan. Manajemen mesinnya berbeda. Saya tidak yakin bahwa hal seperti ini merupakan keuntungan bagi Ducati, tetapi kami harus berhasil. Penting untuk memiliki motor yang berbeda di grid. Kami dapat membantu para pembalap meningkatkan performa dan berkembang bersama kami. Pada level teknis, kita bisa belajar dari berbagai gaya berkendara. Ini adalah filosofi saya sendiri, dan juga Ducati. Bagi kami, penting untuk memiliki pembalap terbaik di team pabrikan, tetapi kami tidak meminta orang lain untuk tidak berusaha untuk menang dengan mengendarai satelit Ducati dan saya tidak ingin mengurangi performa motor satelit Ducati" katanya yang memaklumi bahwa berusaha untuk menang juga adalah usaha para rider team satelit untuk berebut seat team yang lebih baik di masa depan mereka. 

Bursa rider Ducati memang sudah bergerak karena negosiasi kontrak akan mulai dilakukan di #ItalianGP Mugello sebagai home race mereka. Marcobez menurut gosip dipastikan akan tetap bersama Mooney VR46 sesuai permintaan Uccio kepada Papi Peri Gigi tetapi akan mengendarai motor pabrikan dengan kontrak langsung dari pabrikan Ducati plus kuaci gaji bakal naik dua kali lipat (buset ni anak luar biasa emang). Calon ikan niu gagal Martin, Bestia dan adik #JurdunDrakor Alex Marquez bakal perpanjangan dengan team yang sama. Rider sengak Johann Zarco bakal dimutasi ke Superbike kemungkinan besar mendepak Rinaldi menjadi team mate Albau. Tersisa Fabio Di Giannantonio yang nampaknya harus berusaha mempertahankan seatnya karena akan bersaing dengan rider di bawah managerial Opa Pernat yang lain di #Moto2: Tony Arbolino.

"Mereka bekerja untuk menemukan tempat yang lebih baik untuk masa depan, namun saya pikir semua orang cukup senang dengan situasi mereka saat ini. Di antara Mugello dan Sachsenring, kita bisa memulai negosiasi untuk masa depan" tutup papi peri Gigi.

Yang nanya kenapa Uccio ngomongnya ke papi peri Gigi soal Bez dan bukan Ciabatti, masih ingat beberapa tahun lalu sebelum Andrea Dovizioso cuti balapan pasca didepak Ducati...??? Bahwa line up rider Ducati mayoritas ditentukan oleh Papi Peri Gigi. Terutama untuk rider-rider satelit yang mendapat subsidi dari Ducati. Karena dia memang tokoh setral Ducati yang bisa dibilang jantungnya Ducati. Tanpa dia, Ducati g akan bisa ada di titik ini dan itu yang membuat dia adalah pemutus akhir line up rider Ducati. Itulah kenapa dia sempat kaget ketika Nadia Gresini memutuskan merekrut Alex Marquez dibanding mengambil Papa Alice yang sebenarnya sudah bertemu dengan dia dan Ciabatti (di test Catalan klo kalian dengar podcast tahun lalu). Namun toh tahun ini melihat performa Alex Marquez dengan satu podium terlepas dari gaya seradak-seruduknya cukup impresif bagi Ducati.

 

.. Follow Twitter (update artikel dan curhatan) dan Youtube (podcast) #Mbak_Yu username @mbakyuaja #MarcoBezzecchi #LucaMarini #FrancoMorbidelli #PeccoBagnaia #MotoGP

Komentar

  1. Yg ngisi seat zarco sapa mbakyu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu klo Diggia berhasil pertahankan seatnya di Gresini berarti kemungkinan bakal Tony Arbolino.

      Hapus
  2. Jadi si bezz tetep di mooney itu ibarat nya bisa jadi 'pembatas" mooney buat bisa nyebrang ke pabrikan lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tentu juga. Klo kontraknya cuma setahun ya sama aja. Gw rasa sih Uccio kemungkinan sedang ngejar gelar jurdun untuk team Mooney VR46 tahun depan klo tahun ini gagal. Itulah kenapa dia tahan Bez di sana. Klo berhasil paling g kandidat jurdun 2 tahun berturut-turut maka Yamaha kehilangan daya tawar.

      Hapus
  3. Mba gw berencana ke Mandalika. Kok 5 bulan lagi masih mahal tiket ya mba. Apa nanti bakal turun mba beberapa bulan mendekati hari H? Klo hotel kan udah nurun tuh dibandingkan awal maren. Pesawat kok kemahalan ya standarkan pp 1,5 Jakarta Lombok ini 2,3.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang bakal mahal karena sudah ditandai sejak jadwal motobini keluar. Makin telat beli makin mahal loh itu. Sama aja hotelnyamakin telat order makin mahal. Mandalika ddan Indonsia as always aji mumpung.

      Hapus
    2. Air asia ga buka penerbangan ke Lombok sih mba. Kalo buka pasti lebih murah.

      Papa Alice masih cedera ya mba, digantiin sama Savadori. Dia setiap wild card dan gantiin pembalap yg cidera selalu finish akhir mulu. Emang bagusan jadi test rider aja kasih masukan. Hehe

      Mba Marquez punya pacar mantannya Axel Pons. Marquez ini setiap pacaran selalu tipe yg sama, cewe yg kurus, latin banget mukanya, warna kulit latin, rambut hitam atau coklat gelap. Klo bebebnya mbakyu selalu pacarin cewe yg tinggi banget dan berdada besar. Dan juga yg umurnya 20an.. Wkwkwk

      Hapus
    3. Sayang mbakyu udah ga punya Ig. Dulu kan fans MotoGP ngeadd akun tetangga gara-gara dikira itu mbakyu. Makanya dia jumlah pengikutnya banyak. Katanya sih gitu gosip para fans. Wkwkwk

      Hapus
    4. Wkwkwkwk... IG kemarin kan udah dibredel sama Sokbreker. Biarin lah emang rejeki dia banyak follower karena niru gw. Ujungnya toh gw tetaplah gw. Ekekekekek.

      Gw g tau sih dia mantannya siapa. Lagian gw emang g fokus sama pacarnya tapi sama tangannya yang katanya patah habis dioperasi. Hahahahah.

      Hapus

Posting Komentar

Ngegosip...?? Komen Gih... Tapi Inget Gw Tetap RAZIA... Ekekekekek...