Yamaha Akan Menyusul Suzuki Hengkang Dari MotoGP Pasca Performa Buruk...? Ini Kata Lin Jarvis

 

 


Dalam wawancara terbarunya #JurdunBelagu Snack Taro tampak sudah benar-benar patah arang dengan Yamaha. Dia mengatakan sudah mencoba segalanya untuk memanfaatkan setiap potensi yang ada pada M1 tetapi sama sekali tidak bermanfaat untuk bisa bersaing di barisan depan saat balapan. Bila jurdun WSBK Yamaha, Toprak Razgatlioglu memutuskan hengkang dari Yamaha karena ngambek g dikasih seat motobini, Jurdun MotoGP Yamaha satu ini bisa dipastikan bakal hengkang bila Yamaha tidak juga kunjung memberi motoryang bisa jurdun atau setidaknya bisa menang. Di atas kertas, Honda lebih unggul daripada mereka dengan kemenangan Austin #AmericasGP (terlepas perkara ban). Bahkan dari Aprilia pun mereka masih kalah unggul karena RS-GP23 lebih bersaing di setiap balapan. Entah dari mana asalnya gosip berhembus kencang baha Yamaha bakal hengkang dari dunia balap motor para raja menyusul sesama pabrikan Jepang yang hengkang tahun lalu, Suzuki yang hengkang tanpa ba bi bu sampai harus bayar penalti karena terlanjur tandatangan kontrak dengan Dorna sampai 2026. Papi Peri Lin Jarvis mengakui keterpurukan Yamaha tetapi tetap optimis Yamaha tetap akan berkompetisi di balap motor kelas para raja itu di masa depan.

 

“Tidak dapat disangkal bahwa kami sedang kesulitan, tetapi saya dapat meyakinkan Anda bahwa saya tidak melihat kurangnya komitmen dari Yamaha. Di Grand Prix kedua dari belakang di Jerez hadir Yoshihiro Hidaka, presiden Yamaha Motor Jepang, dan Eric de Seynes, presiden Yamaha Motor Eropa.  Mereka berdua mendukung balapan dengan energi, mengenali apa yang telah dibawa oleh balapan kepada pabrikan ini di masa lalu dan apa yang akan terus mereka tambahkan kepada citra kami di masa depan. Mereka tahu apa yang kami butuhkan.  Kami membutuhkan investasi dan perubahan dalam cara kami bekerja. Saya tidak melihat tanda-tanda mundur (dari kompetisi) dari Yamaha.  Memang benar Suzuki tidak disangka mundur setahun yang lalu, tapi saya tidak ragu (pada Yamaha).  Saya berharap tetap seperti itu" kata Lin Jarvis.

Memang di antara pabrikan Jepang, Yamaha adalah pabrikan yang lebih kecil investasi biaya pengembangannya dibanding Honda. Meskipun di atas kertas penjualan motor Yamaha tidak terlalu terganggu pasca mundurnya ayank bebeb Valentino Rossi karena Honda memang sedang puasa jurdun, tetapi bila performa Honda kembali membaik bukan tidak mungkin itu berpengaruh pada penjualan. Itulah kenapa bebeb Vale ditunjuk menjadi Brand Ambassador Yamaha dan hampir bisa dipastikan rider cool Morbidelli akan bertahan bersama Yamaha sampai Mooney VR46 resmi bergabung sebagai team satelit mereka. 

VR46 dan Yamaha sebenarnya lebih besar dari sekedar balapan di MotoGP, bukan cuma perkara balapan, tetapi itu juga perkara gurita bisnis dan pengkaderan. Inilah alasan yang menurut gw mereka akan lebih rela melepas #JurdunBelagu Snack Taro yang haus punya motor pemenang dibanding Morbidelli yang loyal dan terus berusaha tanpa banyak cingcong. Gw yakin Yamaha sangat belajar dari kesalahan mereka yang lebih memilih Petronas ketika VR46 datang ingin bergabung sebagai team satelit mereka. Padahal sebenarnya mereka bisa saja punya dua team satelit karena VR46 kan murni independen. Sayangnya mereka ragu soal kondisi sponsor VR46 saat itu yang ujungnya malah Petronas mundur jadi sponsor team satelit mereka begitu sudah tandatangan perpanjangan.

.. Follow Twitter (update artikel dan curhatan) dan Youtube (podcast) #Mbak_Yu username @mbakyuaja #MarcoBezzecchi #LucaMarini #FrancoMorbidelli #PeccoBagnaia #MotoGP

Komentar