Bos Mercedes F1 Toto Wolff, Mengkritik Format Sprint Race MotoGP: Saya Kurang Suka

 

 

Pemberlakuan format Sprint Race di Motop diklaim oleh ketua DPRD Tingkat Pusat sebagai copy paste format Sprint Race F1 yang diperkenalkan ssejak tahun 2021. Namun format Sprint Race F1 yang terbaru judtru berbeda jauh dengan MotoGP. Dalam F1 Sprint Race hanya diberlakukan di seri tertentu dan tidak di semua seri ala MotoGP. Selain itu tahun ini F1 memberlakukan sesi kualifikasi khusus untuk Sprint Race yang berbeda dengan kualifikasi balapan Minggu sehingga pembalap tidak perlu mati-matian untuk mencari grid start terbaik yang berlaku untuk sekaligus dua race (Sprint dan Minggu) seperti di motobini. Bagi Toto Wolff, manager team Mercedes F1 yang pada dasarnyamenyukai MotoGP menjadi kurang menyukai format Sprint Race versi MotoGP. banyaknya beban kepada para rider membuat para rider motobini lebih kurang bahagia musim ini.

"Saya hanya bisa berbicara bagi diri saya sendiri, tetapi saya sangat percaya pada tradisi (jadwal teratur format balapan lama hanya hari Minggu). Dimana Anda akan tahu bahwa start balapan adalah pada hari Minggu pukul 3 sore, jika balapan diadakan di Asia, Anda harus bangun pagi, jika berlangsung di Amerika, Anda harus bangun tengah malam. Saya menonton MotoGP, dan saya sangat menyukainya, tetapi ada begitu banyak hal yang tidak dapat saya pahami (saat ini). Pada balapan hari Sabtu, para rider mengeluh (mengenai format itu), tetapi hari Minggu mereka kembali bahagia (senang karena bisa memakai strategi padahal grid start sama). Saya tidak lagi bisa menontonnya karena saya (sudah) kurang menyukainya. MotoGP mempertontonkan hal yang tidak perlu dilakukan" kataToto Wolff yang baru-baru ini berkunjung ke kantor parlemen Inggris bersama para petinggi F1 lain asal Inggris.

Sebenarnya format Sprint Race F1 tahun ini lumayan bagus loh. Mereka menggelar Sprint Race hanya untuk sirkuit tertentu yang "sepertinya" butuh lebih banyak penonton. Kualifikasi Sprint Race juga berbeda dengan hari Minggu. Kualifikasi Sprint Race dilakukan di hari Sabtu dengan lama sesi lebih singkat dari kualifikasi biasa jadi strategi kualifikasi Sprint Race akan berbeda untuk kualifikasi balapan Minggu yang diadakn hari Jumat sore. Dan karena Sprint Race hanya diadakan di seri tertentu dengan poin lebih sedikit, pembalap g terlalu terbeban dengan Sprint Race dan kualifikasinya karena pada dasarnya balapan Minggu lah yang paling penting untuk mereka. Inibed dengan MotoGP yang rider gontok-gontokan di demi kualifikasi karena itu juga menentukan start Sprint Race yang diadakan tiap seri yang ujungnya bikin cedera dan akhirnya justru harus absen di balapan Minggu yang sebenarnya lebih penting.

.. Follow Twitter (update artikel dan curhatan) dan Youtube (podcast) #Mbak_Yu username @mbakyuaja #MarcoBezzecchi #LucaMarini #FrancoMorbidelli #PeccoBagnaia #MotoGP

Komentar